bptp --- selamat menjalankan ibadah Puasa 1433 H --Pertemuan ke-3 SLPHT Padi di Kelompok Tani Belik yang terletak di daerah Kecamatan Arjawinangun, Kabupaten Cirebon--- bptp -- Blog BPTPH Jawa Barat- bptph -- bptphjabar--bptph-jabar-- POPT-THL POPT- Hama Penyakit -- OPT dan DPI-pestisida nabati -- agens hayati -- pengendalian ramah lingkungan -- pelatihan teknis perlindungan tanaman pangan (petani pemandu)APBN T.A 2012 -- instalasi PPOPT -- Lab PHP -- lab OPT -- alumni SLPHT -- POPT berprestasi --bagaimana mengendalikan OPT -- biopestida -- insektisida --pestisida -- varietas tahan -- budidaya tanaman sehat -- petani ahli pht -- pengamatan rutin -- Berita langsung dari lapangan ---- POPT bersama kelompok tani melaksanakan gerakan pengendalian di 14 kecamatan kab. karawang tanggal 14 15 dan 16 Mei 2012 kegiatan ini berupaya menurunkan luas serangan penggerek batang padi --- Dialog interaktif dalam Peningkatan Kapasitas penyuluhan Dalam Mendukung Program Peningkatan Produksi beras Nasional (P2BN) bersama wamentan dan Gubernur Jawa Barat Lokasi di desa Cikopo kab.Purwakarta --- SPOT STOP adalah pengendalian serangan OPT melalui preemtif dan responsif ---- POPT terus melaksanakan gerakan pengendalian pada lokasi lokasi daerah endemis OPT -- POPT bersama Regu Pengendali Hama di petani lakukan aplikasi insektisida di kab, Karawang -- tim fungsional BPTPH prov Jawa Barat sebanyak 9 orang lakukan surveylans di jalur pantura upaya mendapatkan data lengkap situasi OPT dan DPI guna rekomendasi MT 2012

Selasa, 14 Agustus 2012


MATERI BINAAN  POPT DI JAWA BARAT 
Dalam upaya mewujudkan  petani ahli PHT yang mandiri dinamis dan sejahtera di Jawa Barat  POPT melalkukan binaan kekelompok tani binaan, yang dilakukan setiap minggu sekali dengan materi yang berbeda beda pada pertemuan rutinya, diantaranya :
Kelompok Tani Impan Girimukti Desa Sukajaya Kabupaten Sumedang, 
Pengendalian Uret/Lundi.
Uret/Lundi adalah salah satu OPT yang dapat menyerang berbagai tanaman pangan, sayuran, buah-buahan,  maupun tanaman perkebunan, bahkan tanaman kehutanan (Kayu-kayuan). Uret termasuk golongan OPT berordo Coleoptera (bersayap keras) yang umumnya merusak tanaman (berperan sebagai hama) adalah vase larva dewasa. Pada fase larva bagian tanaman yang dirusak (dimakan) adalah bagian perakaran, sehingga dapat menimbulkan kematian pada tanaman. Untuk mengurangi serangan/mengendalikan uret upaya yang dapat dilakukan adalah: (1)Sanitasi kebun (2)Membuat lubang/gombangan di sekitar kebun, untuk penimbunan sisa tanaman yang bertujuan menarik dewasa bertelur dan larva ke lubang (3)Penggunaan pestisida efektif.
Kelompok Tani Lio Desa Cipameungpeuk Kabupaten Sumedang, 
Penyakit Layu Bakteri pada Kacang Tanah.
Salah satu penyakit yang biasa ditemukan pada pertanaman kacang tanah adalah penyakit layu yang disebabkan oleh bakteri (Pseudomonas solanacearum), Gejala penyakit ditandai dengan layunya  tanaman pada siang hari seperti tersiram air panas, bila tanaman dipotong bagian pangkal batangnya/akar maka akan mengeluarkan lendir berwarna keruh dan bau. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi  perkembangan penyakit antara lain curah hujan yang tinggi, drainase yang jelek, dan kondisi hara yang tidak berimbang (N tinggi).Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menekan perkembangan penyakit  diantaranya: (1). Eradikasi selektif (Pencabutan tanaman sakit) (2). Perbaikan Drainase (3). Penggunaan pupuk yang berimbang, dan (4). Penggunaan bakterisida efektif.
Kelompok Tani Blandongan Desa Pasanggrahan Kabupaten Sumedang, 
Pencegahan penyakit padi.
Pencegahan penyakit adalah suatu upaya yang dapat dilakukan agar tanaman padi terhindar dari serangan penyakit yang dapat menurunkan hasil yang serius. Pencegahan penyakit seharusnya dilakukan sepanjang waktu, selama musim tanam terutama pada musim hujan. kenapa penytakit perlu dicegah? sebab sekali terserang sulit dikendalikan. Upaya-upaya yang dapat dilakukan agar padi terhindar dari serangan penyakit antara lain: (1)Penggunaan varietas tahan dan bermutu (2)Pengaturan jarak tanam (3)Pemupukan berimbang (4)Pengaturan pengairan (5)Penyiangan/sanitasi (6)Penggunaan agen antagonis antara lain bakteri corin untuk mencegah serangan penyakit BLB.
Pembinaan POPT kecamatatan Sumedang Selatan pada kelompok tani Balandongan
      Selain itu dalam rangka menciptakan kelompok tani yang tangguh terhadap penerapan PHT, materi yang diberikan Taktik komponen PHT (1) cara cara biologi, (2) cara budidaya tanaman, (3) Cara cara fisik mekkanis, (4)cara Cara kimiawi..(Sumber : laporan hasil binaan POPT Sumedang)

Tidak ada komentar: